Cari Blog Ini

Sabtu, 15 September 2012

Rio de Janeiro


Rio de Janeiro adalah sebuah kota yang eksotis dan menakjubkan, juga dikenal dengan sebutan Cidade Maravilhosa (atau kota yang luar biasa). Dikelilingi oleh pegunungan yang indah dan akses langsung munuju pantai yang berpasir putih, Rio adalah kota yang paling sering dikunjungi didunia. Anda pasti tak akan bosan dengan suasana yang meriah dan menghibur, dengan alunan samba sebagai backsound dan berbagai pesta pantai, bar, dan kafe.

Tempat tempat menarik untuk dikunjungi selama di Rio
Rio de Janeiro adalah kota yang mempesona siap saja yang pertama kali mengunjunginya. Gambaran dari kota yang indah – wajah ramah cariocas (Rio’s locals), pegunungan hijau yang mengelilingi seluruh kota, patung Jesus yang merangkul kota dari puncak gunung, bermacam pantai berpasir hingga hutan amazon yang menakjubkan.

Datang ke Rio tak akan berkesan bila melewatkan salah satu karnaval terbesar dunia. Perayaan yang berlangsung selama 4 hari ini biasa terjadi di bulan Februari, saat cuaca sedang panas-panasnya. Terik matahari tidak menghalangi sekitar 730.000 turis asing dari Eropa dan Amerika Serikat terbang ke Rio de Janeiro untuk merasakan ‘panas’nya festival tahunan.


Anda akan menyaksikan seluruh kota seolah terhenti dan larut dalam pesta kostum, musik, nyanyian dan dansa yang dimulai dari pesta dansa legendaris (Magic Ball) di Copacabana Palace Hotel, parade samba dan street bands.



Patung Christ the Redeemer (Yesus Sang Penebus Dosa)


Tak diragukan lagi, ini adalah spot wisata yang paling popular di Rio, dipuncak Corcovado Mountain, didalam hutan taman nasional Tijuca. Upacara peresmian patung yang merangkul seluruh kota ini dihelat pada 1931; patung ini berukuran tinggi 38 meter dan merupakan pemberian dari Prancis. Untuk mencapai puncak patung ini dan menikmati pemandangan kota yang spektakuler anda dapat menggunakan elevator atau menaiki tangga 220 undakan.



Kebun Raya atau Botanical Garden of Rio de Janeiro


Kebun Raya di Rio ini sangat menakjubkan. Jardim Botanico adalah tempat yang pas untuk menikmati hari hari anda beberapa jam kedepan berapapun umur anda. Disinilah tempat yang pas untuk anak2 untuk belajar 8200 spesies tumbuhan dan lebih dari 140 jenis burung, sementara orang dewasa dapat menikmati jalan kaki yang menyenangkan disepanjang taman dan jalan setapak kecil. Jangan lewatkan juga untuk melihat pohon palem raksasa yang mengitari air mancur Fountain of the Muses.

Tijuca Forest National Park


Hutan Tijuca Forest adalah hutan kota terbesar didunia dengan total mencapai 3200 hektar. Ratusan spesies burung langka, serangga, dan binatang lainnya hidup disini. Hutan Tijuca telah ditanam ulang pada awal tahun 1900an sebagai konsekwensi dari penghijauan kembali setelah bertahun tahun. Taman nasional Tijuca merupakan tempat yang tepat untuk menikmati hari anda berjalan-jalan dan mengeksplorasi keindahan hijau Brazil, mengendarai perahu didanau serta melihat lihat kerajinan masyarakat local yang menakjubkan.

Pantai
Usai berkarnaval, nikmati cuaca hangat Rio sambil bersantai di bibir pantai yang paling terkenal di dunia. Salah satunya Pantai Copacabana, berada di area Selatan Rio de Janeiro. Hamparan pasir putih sepanjang 4 km, Pantai Copacabana didatangi ribuan orang untuk berjemur, bermain ombak, bersepeda dan jogging.


Anda bisa memesan minuman dan makanan tradisional Brazil di resto dan beach bar mungil yang ada. Hiburan terkadang datang dari sekelompok atlet Capoeira yang unjuk kebolehan di trotoar Capocabana.
Daya tarik Pantai Copacabana menjadi magnet wisatawan lokal dan mancanegara. Pergantian tahun menjadi momen yang spektakuler di pantai ini. Rod Stewart pernah menggelar konser musik di pantai ini dan menyedot 3,5 juta penonton. Grup band rock legendaris Rolling Stones juga menarik 1,3 juta penonton di 2006 lalu. Fantastis!
Pernah mendengar lagu The Girls From Ipanema? Pantai Ipanema dikenal ekslusif. Masuk dalam salah satu daftar the sexiest beach in the world oleh Travel Channel, Ipanema dikunjungi peselancar dan pecinta matahari yang ingin menjajal olahraga air. Saat musim dingin, ombak bisa mencapai ketinggian 9 meter. Pantai Ipanema juga memperlihatkan dua gunung yang bernama Dois Irmaos (dua bersaudara) di ujung barat pantai. Setiap Minggu, jalan yang mengarah ke Pantai Ipanema ditutup dan hanya dibuka khusus pejalan kaki dan pengendara sepeda.
Pantai Leblon, berada tepat di jantung Rio dengan panorama pasir putih dan keindahan perbukitan. Keluarga yang datang bisa mengajak si kecil bermain di Baixo Baby, tempat bermain anak yang dilengkapi peralatan bermain. Supermodel Giselle Bundchen dan Naomi Campbell kerap terlihat mengunjungi pantai ini.
Ingin sekedar kongkow sambil menikmati birunya laut, ada kafe, penginapan mewah Marina Palace Hotel, toko buku dan restoran yang berada di sekitar pantai. Menjelang malam, matahari tenggelam memancarkan semburat cahaya yang eksotis. Membius siapapun yang menikmati keindahannya.

Museum H. Stern Gem


Ini adalah tempat paling terkenal dan sangat popular di Rio. H. Stern merupakan tempat display perhiasan paling bergengsi didunia. Didalam H. Stern Gem Museum dapat ikut mencoba memoles berbagai batu permata dan melihat lihat koleksi permata paling langka didunia.
Ada begitu banyak tempat menarik di Rio de Janeiro untuk anda kunjungi dari satu titik ke titik lainnya. Rio adalah tempat terbaik untuk menikmati alam liar, pantai berpasir lembut serta kota kosmopolitan dan yang berdenyut denyut disetiap detiknya.

HOW TO GET THERE
Perjalanan menuju Brazil bisa menempuh rute penerbangan Jakarta – Singapura – Rio de Jainero, dengan waktu perjalanan kurang lebih 25 jam.


Setibanya di Sao Paulo, lanjutkan perjalanan menuju Rio de Janeiro menggunakan bis jarak jauh antarkota-internasional di Stasiun Tiete. Bis berangkat setiap 30 menit sekali. Harga tiket untuk perjalanan selama 6 jam ini 12 Dollar AS atau sekitar Rp.120.000. Siapkan kamera, charger dan ipod agar perjalanan lebih menyenangkan.

ACCOMODATION
Tidak perlu bingung mencari penginapan di Rio de Janeiro. Penginapan budgeted sampai super mewah tersedia. Budget travelers bisa memilih Regina Hotel yang berjarak 5 menit dari pusat kota Rio de Janeiro. Keindahan Pantai Copacabana, Ipanema dan Leblon hanya sejauh 15 menit dari hotel bintang 3 ini. Harga per malam dimulai dari 98 Dollar AS atau sekitar Rp 980.000. Sudah termasuk sarapan pagi, room service, ruangan bebas asap rokok, fasilitas bagi penyandang cacat, kamar AC, internet tanpa kabel gratis, laundry dan parkir pribadi.
Bila ingin merasakan rekreasi a la jet set, Copacabana Palace Hotel menjadi pilihan terbaik. Hotel bintang 5 yang dikelola Orient Express ini berada tepat di seberang Pantai Copacabana, menjadi hotel mewah pertama di Amerika Selatan. Hotel yang pernah menyambut keluarga kerajaan Inggris, Roger Moore hingga Paris Hilton ini membuka harga mulai dari 525 Dollar AS hingga 825 Dollar AS per malam. Fasilitas prima tersedia, mulai dari transportasi bandara, sarapan pagi, wifi, surat kabar, spa, hingga tur kota.
 
Fakta umum Rio de Janeiro


  • Rio de Janeiro terletak di pantai timur bagian selatan Brazil, di teluk Guanabara.
  • Rio adalah kota terbesar kedua setelah Sao Paolo.
  • Rio de Janeiro dari dulu telah memainkan peran penting darlam sejarah Brazil. Antara tahun 1763 dan 1815 kota ini digunakan sebagai ibukota Brazil. Pada tahun 1960 Brasilia dinyatakan sebagai ibukota Brazil.
  • Penduduk local Rio disebut juga dengan Cariocas.
  • Satu hal yang membuat Rio popular diseluruh penjuru dunia adalah Karnaval Rio yang biasanya diselenggarakan pada bulan Februari.
  • Posisi geografis yang menghadap langsung ke samudra atlantik membuat Rio memiliki garis pantai sepanjang 50 km dan diantara pantai yang terkenal adalah Copacabana, Ipanema, Pao de Acucar dan Corcovado.
  • Perlu anda perhatikan juga Classy People, terkait dengan lokasi geografis Rio yang berada disepanjang the Tropic of Capricorn (pesisir pantai yang menghadap Atlantik) mengakibatkan suhu yang berbeda, iklim di Rio adalah Savanah Tropis dimana sepanjang December hingga Maret adalah musim hujan, dan angin laut yang dating dari Samudra Atlantik menurunkan suhu musim panas di Rio.
  • Icon Rio de Janeiro lainnya adalah Jesus Christ yang terkenal didunia setinggi 30 meter, Kristus Sang Penebus Dosa, terletak dipuncak Bukit Corcovado.
  • Ada 4 distrik utama di Rio de Janeiro – pusat kota (pusat historis sekaligus financial center), bagian selatan (distrik komersial dan pariwisata), area utara (rumah bagi salah satu stadion sepakbola terbesar di dunia , Stadion Maracana) dan lingkungan barat (area industri).
  • Rio ibukota budaya Brazil dengan lebih dari 50 museum, arsitektur bersejarah dan kontemporer, hingga perayaan Karnaval Rio.
  • Rio de Janeiro adalah juga kota pertama di Amerika Selatan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas tahun 2016.
 

sumber :
http://www.classyfm.co.id/component/content/article/56-around-the-world/511-191111.html



0 tanggapan:

Posting Komentar